WebSite Telah dikunjungi
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini2
mod_vvisit_counterKemarin297
mod_vvisit_counterMinggu ini517
mod_vvisit_counterMinggu lalu1731
mod_vvisit_counterBulan ini6091
mod_vvisit_counterBulan lalu8608
mod_vvisit_counterKeseluruhan301776

Online (20 minutes ago): 5
Your IP: 54.81.53.224
,
Today: Nov 25, 2014
KOH AMAR YAHWEH OSAH YAHWEH YOTSER OTAH LAHAKINAH YAHWEH SHEMO........Beginilah Firman Yahweh Pencipta, Yahweh yang telah membentuknya dan mengukuhkannya: YAHWEH adalah Nama-Nya. (YeremiYah 33:2)

Pemakaian kata "Iblis" dalam dunia Kristen sangat tidak tepat.

Kita sering mendengar orang Kristen baik itu hanya jemaat biasa maupun pendeta suka berkata berhati-hatilah dalam menjalani hidup ini, karena Iblis itu selalu menggoda...bla...bla...bla....
Namun demikian mereka juga suka berkata dengan menggunakan kata "Setan", misalnya: Kita harus tahu bahwa Iblis dan setan itu adalah musuh utama manusia bla...bla...bla...
Pernahkah sdr merenung... apasih sebenarnya perbedaan antara Iblis dan setan? ada yang bilang Iblis dan setan itu ya sama, karena sama-sama mahluk jahat, bahkan kalai kita baca dalam Alkitab LAI, antara Iblis dan setan itu begitu membingungkan, terkadang ditulis Iblis kadang ditulis setan, sebagai contoh dalan kitab 1 Tawarikh 21:1 "Iblis bangkit melawan orang Israel dan ia membujuk Daud untuk menghitung orang Israel." dan Ayub 1:6 "Pada suatu hari datanglah anak-anak Elohim menghadap YAHWEH dan di antara mereka datanglah juga Iblis.".
Jika saudara perhatikan kata Iblis itu dalam bahasa Ibrani ditulis dengan 3 huruf Ibrani SHIN, TET, NUN yang kalau dibaca adalah Satan, dan dalam bahasa Yunani ditulis Satanos, yang tentunya bila ditulis dalam bahasa indonesia akan tepat bila diterjemahkan Setan, bukan Iblis.
Lalu apa kesalahannya bila kita memakai kata Iblis? ya untuk melihat kesalahannya coba kita lihat istilah itu dominan nya ada dimana? Ada di kitab Al'Quran. Dalam surat Ash-shod 38:76 dikatakan: "Qoola ana khoirum minhu kholaqtani min naariw wa kholaqtahu min thiin" (Iblis berkata: "Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari Api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah)" Dari ayat ini jelaslah bahwa menurut Islam, Iblis itu dibuat dari api.
demikian juga dalam surat Ar Rahman 55:15 "Wa kholaqnal janna mim maarijim minnaar" (dan Dia menciptakan jin dari nyala api).
Itulah sebabnya Kalau didalam kitab suci berbahasa Ibrani ditulis dengan kata SATAN dan dalam bahasa Yunani SATANOS kenapa dalam bahasa Indonesia kita tidak memakai kata Setan saja, dan itu lebih tepat, karena kalau pakai kata Iblis, didalam Al'Quran sudah tertulis kalau Iblis itu dibuat dari api, sedangkan dalam kitab suci kita, tidak pernah ada mahluk yang dibuat dari api. Jadi lebih tepat jika kita pakai istilah Setan dari pada Iblis, biarlah istilah itu tetap menjadi milik orang-orang Islam.
Mungkin anda akan berkata bagaimana dengan kitab Gilyahna/ Wahyu 20:2 "ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya" coba kita lihat text ayat ini dalam bahasa Yunani: Kai ekratesen ton drakonta ton ophin ton arkhaion hos estin DIABOLOS kai SATANAS kai edesen auton khilia ete (Perhatikan kata DOABOLOS KAI SATANAS), Apakah DIABOLOS itu harus diterjemahkan dengan IBLIS, karena sulit untuk diterjemahkan dengan SETAN karena dibelakangnya ada kata SETAN? tentu saja tidak, karena kata DIABOLOS bisa saja diterjemahkan  dengan si penggoda. Dalam bahasa Yunani mahluk yang jatuh itu ditulis dengan:
1. Satanos  : malaikat2 yg telah jatuh yang memasuki babi/ roh2 gentayangan dan menjelma serta menakut2i manusia (roh ini juga yang merusak secara fisik, baik rumah, tubuh, rumah tangga, persahabatan dll – melalui: pertengkaran/ bencana alam/ perampokan dll)
2. Diabolos : panglima setan yang mencobai Yeshua ini pemicunya (Si pengoda – melalui mata, telinga, perasaan dan pikiran)
3. Akathartos: roh jahat yang najis/ jorok/ kotor yang mempermalukan manusia : Percabulan, pencurian, hujat, iri hati, ketergantungan, penyelewengan
Jadi jelasnya adalah, kalau kita berkata-kata tentang mahluk yang jatuh itu lebih tepat jika kita memakai kata SETAN dari pada IBLIS, karena kalau Iblis itu konotasinya adalah dibuat dari api, apalagi text aslinya ditulis dengan kata SATAN (Ibrani), dan SATANOS (dalam terjemahan Yunani).

 
Gembala Sidang
kijang1.jpg
Waktu Sekarang
Kunjungan dari mana